Selasa, 22 Maret 2011

BAKTERI KAWAN ATAU LAWAN?


Pemikiran seseorang setelah mendengar kata “bakteri”, akan menjurus ke hal-hal negative yaitu biangkeladi dari berbagai jenis penyakit. Akan tetapi tidakkah kalian pernah berpikir bagaimana sampai terbentuk  Youghurt dan keju??. Ini adalah hasil kerja dari bakteri. youghurt terbentuk karena adanya bakteri Lactobacillus bulgaricus.
Bakteri adalah Organisme  uniseluler  dalam biakan hidup berkoloni. Ukuran selnya sangat kecil sehingga harus ada bantuan mikroskop untuk melihatnya. Berbagai bentuk ditemukan dari bakteri, ada yang berbentuk bulat (Coccus), batang (Bacillus) dan spiral (Spirillum). Pembiakannya hanya dilakukan secara aseksual atau vegetative dengan cara membelah diri (Binnary fission).

Kehidupan tidak akan ada tanpa bakteri. hal ini karena bakteri memiliki kemampuan dalam mengatur siklus pertukaran zat kimia antara organisme dan lingkungannnya lingkunganseperti  membusuk lingkungannnya serta membentuk antibiotic.
Sulit jika harus memutuskan apakah bakteri kawan atau lawan. jika melihat pada aspek positif dan negative yang disebabkan oleh bakteri pada inangnya. Sebenarnya terjadi hubungan simbiosis antara bakteri dan inangnya yaitu komensalisme, mutualisme dan parasitisme.   
komensalisme  adalah hubungan yang bermanfaat bagi bakteri yang hidup pada inang, tetapi tidak bermanfaat  atau merugikan tuan inangnya. Sebagian besar bakteri yang berada di dalam tubuh manusia, bersifat komensalisme.
Mutualisme, yaitu hubungan, memberi keuntungan bagi  bakteri dan juga bagi inangnya.. Sebagai contoh, ada beberapa jenis bakteri yang hidup di dalam, mulut, tenggorokan hidung, dan usus manusia dan hewan. Bakteri ini mendapatkan tempat tinggal dan makan sambil menjaga mikroba berbahaya lainnya dari tempat dimana ia tinggal.
Parasitisme  adalah satu hubuangan di mana bakteri mendapatkan keuntungan, sedangkan inangnya  dirugikan. Contohnya parasit patogen, yang menyebabkan penyakit, Bakteri ini menghasilkan zat beracun yang disebut endotoxin dan ekxotoksin yang bertanggunga jawab timbulnya berbagai penyakit.
Jadi melihat manfaat dan kerugian yang ditimbulkan dalam tubuh, dapat saya simpulkan bahwa bakteri adalah kawan dan lawan yang bersatu dalam tubuh. Akan tetapi perlu diingat Bakteri telah mampu bertahan hidup tanpa kita, tapi kita tidak pernah bisa hidup tanpa mereka.^_^.


0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar