Minggu, 14 Agustus 2011

Memori Manusia

Selalu merasa tua,sering lupa dan sudah kehilangan kekuatan untuk menghafal? apalagi kalau sudah disuruh hafal nama latin tumbuhan 300.. heheh... awalnya bisa hafalin semua, tapi setelah 1 minggu coba cek kembali, yakin masih ingat semuanya????Atau merasa sudah pikun? Pertanyaan –pertanyaan ini pasti selalu menghantui kita selama hidup, atau setelah melewati usia 30 tahun. Bahkan sekarang ini diusia kita yang masih terbilang muda, penyakit lupa juga sering menghantui. Bahkan mulai lelet menerima berbagai pesan yang mengantri masuk . (bukan antrean di loket yah!!) 
Sering hal sepele terjadi seperti lupa meletakkan buku, pulpen, kunci mobil bahkan HP. Meskipun hal sepele seperti itu, kita jadi sering kewalahan dibuatnya. Benarkan ? Ayo, siapa yang sudah keseringan begitu? Benarkah karena memori otak kita sudah banyak yang rusak? Atau kapasitas sel-sel otak kita menyusut?Lalu apakah sebenarnya memori itu? 

Memori adalah kemampuan otak untuk menyimpan dan menemukan kembali informasi sehingga merupakan fitur utama dari pikiran.  Ia memungkinkan kita untuk mengingat orang dan tempat, untuk belajar dari pengalaman masa lalu dan untuk membangun kerangka pengetahuan. Tanpa memori kita tidak akan mampu belajar.. ..   wow… penting banget ya! Memori itu….^_^.
 
Dimanakah Tempat Penyimpanan Memori?
Memori tidak disimpan di dalam satu tempat di otak. Memori disimpan di tempat-tempat berbeda. Berbagai tempat pada korteks serebral, mislnya berkaitan dengan memori jangka pendek dan jangka panjang. Korteks prefrontal bertanggung jawab untuk memori sensoris jangka pendek. Hipokampus bagiam bagian dari sitem limbic, mengambil sejumlah memori jangka pendek dari korteks, menjadikan memori jangka panjang dan memindahkan ke korteks tempat penyimpanan


Bagaimana sebenarnya memori itu, like as memory computer??
M
emori fungsi dalam otak dengan cara yang sangat rumit. Hingga saat ini, para ilmuwan tidak mampu untuk merancang komputer yang dapat bersaing dengan otak manusia. Tapi, itu cukup menjanjikan dalam dua atau tiga dekade berikutnya bahwa para ilmuwan mungkin dapat merancang komputer canggih dengan bantuan nanoteknologi, cybernetics dan sumber daya biotek.
Memori otak manusia kerjanya mirip dengan memori komputer. Pada komputer, memorinya disebut RAM (Random Access Memory) berfungsi merekam, memelihara dan memanfaatkan informasi baru. Pada manusia, fungsinya lebih luas lagi mencakup perbendaharaan kata, pengetahuan bahasa, semua informasi yang telah kita pelajari, pengalaman hidup pribadi, segala kemahiran yang telah dipelajari dari mulai berjalan, berbicara hingga prestasi musik dan olahraga
Hingga saat ini, kapasitas memori manusia sendiri masih diperdebatkan, dan seringkali menggunakan argumen-argumen yang dasarnya tak cukup kuat. Memang ribet juga yah!!!! 
Prof Ralph Merkle dari Georgia Tech menyinggung bahwa sebenarnya para peneliti belum selesai menyusun asumsi dasar tentang bagaimana otak menyumpan informasi. Lalu ia mengusulkan melakukan eksperimen langsung yang mencatat kapasitas otak secara langsung. Ia mengambil beberapa hasil studi sebelumnya, dan melakukan kalkulasi ulang. Hasilnya mengesankan sekali. Kapasitas memori kita diperkirakan hanya sekitar 200 megabyte. Ckckckkc.. lebih tinggi kapasoitas memory Flash disk ya!!!!. Hm, ,  berukuran 256MB saja sudah mulai dibuang-buang karena dianggap terlalu kecil, gimana dengan memory Qt ya???
Gels, tapi jangan salah yach, meskipun kapasitas memory kita jauh lebih kecil dibanding dengan kapasitas memory-memory buatan manusia lainnya, tapi memory yang ada dalam otak kita memliki keistimewaan karena dia tak melakukan processing dan penyimpanan seperti komputer. Otak mampu melakukan pengelolaan sumberdaya memori yang luar biasa sehingga dengan kapasitas sekian, ia mampu menyimpan dan mengolah informasi jauh lebih handal daripada komputer. Olehnya itu kita mampu berpikir, mengingat semua pelajarn yang telah diberikan, mengingat kejadian-kejadian masa lalu, entah itu moment sedih, senang,,, sampai ada yang ketawa sendiri mengingat kembali moment lucu yang dilaminya. Jadi bangga kembalikan punya memory??? Hehehe.

Lanjut, , memory is a impotant fiture for the mind. Pola bawaan dalam pikiran adalah bentuk terdalam dari memori yang ditularkan oleh DNA dan dibangun ke dalam struktur otak. memori kekerabatan adalah prosedural, bentuk pikiran. pengalaman individu adalah konten yang ditambahkan dan memodifikasi bentuk yang mendasarinya. Sebuah model memori wajar akan mendistribusikan penyimpanan memori jangka panjang diperoleh di berbagai daerah dari neokorteks. Setiap topik yang dibahas dalam buku ini adalah bagian dari suatu diskusi tentang memori dalam berbagai bentuk. Dalam bab ini kita akan meninjau beberapa ide yang saat ini dalam ilmu saraf memori.
Dalam evaluasi intelijen, kita telah mengakui bahwa ada yang mendasari fungsi umum yang menentukan seberapa pintar seseorang. Intelijen didasarkan pada memori dan, dalam arti fungsional, kecerdasan dapat dihargai sebagai kumpulan kemampuan yang mengarah pada interaksi yang sukses dengan dunia. Istilah "kognisi" Istilah secara kasar dapat diterjemahkan sebagai pemikiran dan mengetahui dan neokorteks dapat dianggap prosesor akhir dari kognisi. Setiap mahasiswa psikologi tahu bahwa daerah khusus neokorteks pegangan modalitas indera atau input yang berbeda. Phillips dan Singer menyarankan: "... sub-sistem kognitif dibedakan satu sama lain hanya dalam hal informasi yang mereka beroperasi, tetapi juga mungkin bahwa beberapa fungsi kognitif memproses informasi membutuhkan kemampuan khusus ini meliputi:. Memori episodik dan memori kerja ; representasi disengaja, yaitu proses yang membedakan antara representasi dan rujukan, dan aspek kreatif dari bahasa dan perencanaan strategis jangka panjang ... berbeda dengan keterampilan, ingatan episodik tidak dapat diperoleh tanpa adanya hipokampus, dan mungkin memerlukan kemampuan komputasi khusus.

 

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar